Hujan Seharian, Belasan Gampong di Abdya Terendam Banjir

banjir 15 gampong di abdya
Pengendara melintasi genangan air di depan Masjid Agung Baitul Ghafur Blangpidie, Abdya, Senin 23 Januari 2023. (Foto kiriman warga)

Theacehpost.com | BLANGPIDIE –Hujan yang turun secara terus-menerus dari pagi hingga menjelang magrib membuat belasan gampong di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terendam banjir, Senin, 23 Januari 2023.

Ketua Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Abdya, Yasri Gusman, mengatakan, banjir tersebut diakibatkan hujan yang mengguyur daerah itu secara terus menerus hingga menyebabkan banjir.

“Intensitas hujan yang turun memang masih tergolong sedang, tapi karena berkepanjangan dari tadi pagi, maka mengakibatkan beberapa gampong terendam banjir,” ujarnya kepada Theacehpost.com, Senin malam, 23 Januari 2023.

Menurut Yasri, sampai saat ini belum ada laporan yang diterimanya terkait adanya warga yang mengungsi karena banjir luapan tersebut.

“Namun belum kita terima adanya laporan terkait warga yang harus mengungsi gara-gara banjir luapan tersebut,” tambahnya.

Walaupun intensitas hujan sudah menurun, namun ketua TAGANA Abdya tersebut mengimbau warga untuk tetap waspada mengantisipasi sewaktu-waktu air kembali naik apa bila hujan lebat kembali mengguyur Abdya.

Berita terkait: 48 Desa di Aceh Tamiang Terendam Banjir

Sementara itu, secara terpisah, Sekdes (Sekretaris Desa) Tangan Tangan Cut Kecamatan Setia, Mujiburrahman, yang dihubungi Theacehpost.com membenarkan wilayahnya mengalami banjir.

“Benar, akses jalan dari gampong kami ke Gampong Mon Mameh tidak bisa di lalui, dengan ketinggian air kurang lebih selutut orang dewasa,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan oleh salah satu tokoh masyarakat gampong Tokoh II Kecamatan Lembah Sabil, Tgk Rizwan. Menurutnya, hujan yang turun dari tadi pagi mengakibatkan air sungai Krueng Manggeng meluap dan menggenangi halaman rumah warga.

“Luapan air sungai mulai menggenangi beberapa halaman rumah warga, saat ini ketinggiannya masih setumit orang dewasa,” tuturnya.

Data sementara yang diterima oleh Theacehpost.com dari TAGANA Kabupaten Abdya terkait lokasi yang mengalami banjir yaitu, Kecamatan Lembah Sabil, gampong Tokoh II dan Meurandeh.

Kemudian di kecamatan Manggeng, gampong Blang Manggeng, Seuneulop, Sejahtera dan gampong Padang.

Lalu di kecamatan Tangan Tangan, gampong Drien Jalo, Padang Kawa, Suak  Labu dan gampong Mesjid.

Kemudian di kecamatan Setia, gampong Ujong Tanoh, Alue Dama, Cinta Makmur, Tangan Tangan Cut dan gampong Lhang.

Terakhir, Kecamatan Blangpidie, di Gampong Seunaloh tepatnya di badan jalan depan Mesjid Agung Baitul Ghafur Blangpidie.

Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada mengantisipasi sewaktu-waktu air kembali naik apa bila hujan kembali turun. Hingga berita ini diturunkan hujan gerimis masih terjadi di Abdya. []

Baca juga: