Harga Minyak Nilam Stabil, Petani di Aceh Utara Semangat Tingkatkan Budi Daya

  • Bagikan
Ketua Koperasi Inovac, Dr. Khairan (kanan) membeli minyak nilam masyarakat. (Foto: ARC-USK)

Theacehpost.com | BANDA ACEH – Ketua Koperasi Inovasi Nilam Aceh (Inovac), Dr. Khairan mengungkapkan bahwa harga minyak nilam Aceh saat ini relatif stabil, sehingga para petani dan penyuling sedang semangat meningkatkan budi dayanya.

“Hari ini Inovac membeli minyak nilam masyarakat seharga Rp 680.000 per kilogram. Inovac akan memproses lebih lanjut minyak nilam tersebut hingga kandungan patchouli alkoholnya meningkat dan digunakan sebagai bahan fiksatif parfum,” jelas Khairan di sela-sela menerima petani nilam dari Aceh Utara yang tengah menjual minyak nilam kepada Inovac di Banda Aceh, Senin, 5 April 2021.

Dr. Khairan menyampaikan saat ini pihaknya membutuhkan minyak nilam dalam jumlah yang banyak, seiring meningkatnya produksi parfum, hand sanitizer, desinfektan, dan produk turunan nilam lainnya.

Sementara itu, petani dan penyuling nilam dari Aceh Utara, Amril menyampaikan bahwa dirinya dan para petani di desanya sedang semangat menanam nilam.

Pasalnya, kata dia, hal tersebut disebabkan karena adanya kepastian harga yang baik dari Inovac.

“Inovac telah bekerja sama dengan Perancis dan juga mampu memproses nilam menjadi parfum dan produk lainnya, sehingga kami ada kepastian harga yang sesuai dengan harapan,” ujar Amril di Banda Aceh.

Asril mengaku bahwa pihaknya kini secara mandiri sudah membuat ketel penyulingan kapasitas 400 kilogram dari bahan stainless steel.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan berbagai pihak agar masyarakat dapat meningkatkan budi daya dan penyulingan nilam, sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat,” jelas Amril.

“Harapan kami juga kepada Universitas Syiah Kuala melalui ARC-PUIPT Nilam Aceh dapat terus melakukan pendampingan bagi kelompok petani penyuling nilam di Aceh Utara,” lanjut Amril menambahkan. []

  • Bagikan