Gampong Terisolir Langkahan Aceh Utara Terdampak Parah Banjir 

Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi AP MSi, menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Kecamatan Langkahan, Selasa, 24 Januari 2023. (Humas Pemkab Aceh Utara)

Theacehpost.com | ACEH UTARA – Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi AP MSi menjenguk korban banjir di Kecamatan Langkahan, Selasa, 24 Januari 2023. Dalam kunjungan itu Azwardi melihat langsung lokasi paling parah digasak bencana banjir di Gampong Lubok Pusaka, Kecamatan Langkahan.

Banjir akibat luapan sungai Krueng Arakundoe itu menyebabkan kerusakan sejumlah infrastruktur, baik milik penduduk maupun milik pemerintah. Ketinggian genangan air akibat banjir pada Sabtu akhir pekan lalu itu di titik tertentu mencapai tiga meter lebih.

Salah satu lokasi terparah adalah sekitar Dayah Bustanul Muttaqin, di mana sempat terisolir dan sejumlah santri dan dewan guru ikut terjebak. Azwardi melihat langsung sejumlah kerusakan akibat rendaman air, termasuk prasarana dan sarana milik dayah, maupun peralatan belajar mengajar milik santri.

Kunjungan Azwardi ke sana turut didampingi oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Ir Azmi MT, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Fuad Mukhtar SSos, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) diwakili oleh Kabid Pencegahan dan Kesiap-siagaan Mulyadi SKep MKes, Sekretaris Dinas Pendidikan Dayah Ibrahim Mansyari SSos, Kepala Sekretariat Baitul Mal Rakhmat Setiady ST MAP, Camat Langkahan Ramli Jazuli SE, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

“Kita sangat berterima kasih kepada Pak Kapolres Aceh Utara yang telah ikut membantu mengevakuasi korban banjir sejak hari pertama terjadinya banjir di Langkahan,” ungkap Azwardi.

Banjir yang terjadi akibat guyuran hujan lebat di pedalaman Aceh Utara dan Kabupaten Bener Meriah pada Sabtu dini hari akhir pekan lalu, sempat memutuskan akses jalan ke sebagian Kecamatan Langkahan. Apalagi ketinggian air di sebagian Gampong Lubok Pusaka mencapai atap rumah penduduk.

Saat itu, Azwardi langsung mengintruksikan Tim BPBD Aceh Utara untuk bergerak ke lokasi, terutama Gampong Buket Linteung dan Lubok Pusaka, guna mengevakuasi penduduk yang terkurung.

Azwardi juga memerintahkan Dinas Sosial PPPA Aceh Utara untuk segera berkolaborasi dengan pihak Muspika dan gampong untuk menyasar titik-titik pengungsian guna menyalurkan bantuan darurat.

Dalam kunjungan tersebut Azwardi menyerahkan bantuan pangan dan sandang kepada para korban banjir di Kecamatan Langkahan.

Gampong Lubok Pusaka merupakan gampong paling ujung, paling pedalaman, di sebelah timur Aceh Utara. Terletak di kawasan DAS Krueng Arakundoe. Untuk menuju ke sana harus melewati jalan yang rusak akibat gerusan hujan dan banjir. Hujan berkepanjangan menyebabkan badan jalan menjadi berlumpur tebal dan rusak berat dan susah dilewati.

Selama ini, akses yang kerap dipakai untuk menuju ke gampong ini adalah melalui jalan line pipa milik Exxonmobil, via Kecamatan Cot Girek. Namun jalan ini sudah lama tidak diperbaiki sehingga susah dilintasi. Akses lain adalah melalui pusat Kecamatan Langkahan, atau via Dusun Bola Mas. Semua akses jalan ini kondisinya sama. Rusak berat, terutama di musim hujan. []