Dinas Koperasi UKM Aceh Gelar Bimtek kepada 30 Wirausaha Pemula

Peserta yang terdiri dari 30 wirausaha pemula mengikuti Bimbingan teknis bagi pelaku UMKM di kabupaten Aceh Barat, Sabtu 3 Desember 2022. (Theacehpost.com/Agus)

Theacehpost.com | ACEH BARAT – Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) menggelar Bimbingan Teknis dalam penguatan kapasitas bagi wirausaha pemula di Eva Sky Hotel, kabupaten Aceh Barat, Sabtu 3 Desember 2024.

Kegiatan yang diikuti 30 wirausaha tersebut digelar selama 2 hari, mulai tanggal 3-4 Desember 2022.

Acara dibuka oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh, Tarmizi, SP, dan Andri Sufrianzah, S SIP, MM selaku Kasie pelayanan informasi dan usaha pada PLUT KUMKM.

Andri Sufrianzah, dalam sambutannya mengatakan tantangan terbesar yang dihadapi UMKM dalam era saat ini adalah kemampuan teknis dan teknologi. Banyak UMKM yang lahir saat ini, akan tetapi belum banyak yang dibekali kemampuan secara teknis.

“Dengan adanya bimbingan teknis tentunya akan memberikan manfaat bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas, kuantitas, keuntungan dan efektivitas bagi para pelaku usaha,”katanya.

Oleh karena itu, kata Andri, Diskop dan UMKM Aceh melalui Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil terus memberikan bimbingan teknis.

“Apalagi dalam era industri saat ini, menuntut pelaku UMKM harus memahami, menguasai dan memiliki kemampuan teknis. Penguasaan ini menjadi penting agar usahanya bisa semakin berkembang dan maju,” sebutnya.

Andri berharap dengan kegiatan tersebut dapat peningkatan penguatan kapasitas bagi wirausaha pemula di kabupaten Aceh Barat.

Sementara itu, Tarmizi SP Anggota DPR Aceh dalam arahannya menyampaikan, bantuan untuk Pelaku Usaha Pemula sebagai upaya bentuk komitmen untuk membuka lapangan kerja, menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan serta inflasi.

“Solusi konkrit untuk membuka lapangan kerja adalah dengan cara menciptakan lapangan kerja fokus pada pemberdayaan UMKM. Nantinya kita berharap mereka akan fokus dan bisa berkembang,” tutupnya.[]