Dapat Award sebagai Pelopor LKS Bipartit, Hermes Hotel Banda Aceh Apresiasi The Aceh Post

  • Bagikan
Direksi PT Media Aceh Post diwakili Pemred The Aceh Post, Nasir Nurdin menyerahkan The Aceh Post Award 2021 kategori perhotelan, “Pelopor Pembentukan LKS Bipartit di Aceh” kepada GM Hermes Palace Hotel Banda Aceh, Budi Syaiful di Hotel Hermes Palace Banda Aceh, Sabtu malam, 4 September 2021. (Dok Hermes Palace Hotel)

Theacehpost.com | BANDA ACEH – Manajemen Hotel Hermes Palace Banda Aceh secara khusus merilis ucapan terima kasih kepada The Aceh Post atas pemberian The Aceh Post Award 2021 untuk kategori perhotelan, “Pelopor Pembentukan LKS Bipartit di Aceh.”

Seperti diketahui, dalam rangka memperingati “1 Tahun PT. Media Aceh Post (penerbit Theacehpost.com, The Aceh Post TV, dan The Aceh Post Tabloid), memberikan apresiasi berupa award untuk sejumlah pihak (organisasi/lembaga, kepala daerah, anggota dewan, pengusaha, pekerja sosial/kemanusiaan/sosok inspiratif, motivator, dan unsur lainnya) yang telah melahirkan karya-karya besar maupun aktivitas yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat, bahkan nyawa manusia.

The Aceh Post Award 2021 diserahkan pada Malam Resepsi HUT Ke-1 PT. Media Aceh Pos, di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh, Sabtu malam, 4 September 2021. Award untuk Hermes Palace Hotel diterima langsung oleh GM Hermes Palace Hotel, Banda Aceh, Budi Syaiful.

GM Hermes Palace Hotel Banda Aceh, Budi Syaiful kepada Theacehpost.com mengatakan, hotel yang dipimpinnya ditetapkan sebagai inisiator   pembentukan Lembaga Kerja Sama (LKS) Bipartit.

Menurut Budi, sebagai perusahaan yang memiliki jumlah karyawan minimal 50 orang maka sudah selayaknya LKS Bipartit di suatu perusahaan dibentuk.

Saat ini, lanjut Budi, Hermes Palace Hotel memiliki jumlah karyawan lebih dari 135 orang.

Dengan berbagai masalah yang ada antara karyawan dengan manajemen terutama pada masa pandemi ini memerlukan suatu wadah untuk penyelesaian masalah internal hotel.

“Sebagai GM, saya berinisiatif merintis pembentukan LKS Bipartit dan berhasil kita wujudkan,” katanya.

Dijelaskan Budi, dalam masa pandemi Covid-19, pihaknya tidak mem-PHK karyawan juga tidak ada yang dirumahkan. “Segala permasalahan kita pecahkan bersama. Semakin transparan perusahaan, semakin sehat pula kehidupan di dalamnya,” ungkap Budi Syaiful.

Kekompakan antara manajemen dan Serikat Pekerja yang diketuai oleh Angga Putra Bangun melahirkan LKS Bipartit yang diwakili oleh tim dari manajemen.

“Serikat Pekerja dan Non-Serikat Pekerja pada akhirnya disahkan pembentuan LKS Bipartit oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Banda Aceh, Mairul Hazami, SE, M.Si,” ujar Budi Syaiful.

Azzaki Anwar dipilih sebagai Ketua LKS yang merupakan perwakilan dari Serikat Pekerja.

LKS Bipartit merupakan salah satu bagian terpenting dalam menciptakan hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan karena lembaga ini dijadikan sebagai forum komunikasi, konsultasi dan musyawarah yang membahas masalah hubungan industrial.

Berbagai fungsi LKS Bipartit di ataranya terbangunnya budaya komunikasi yang koordinatif, konsultatif dan komunikatif untuk tujuan positif, sebagai upaya untuk mencegah terjadinya perselisihan antara pegawai dengan perusahaan serta menjaga kelangsungan usaha secara berkesinambungan (Going Concern CompanySustainability).

Budi Syaiful berharap dengan terbentuknya LKS Bipartit di Hermes Palace Hotel, dapat menjadi contoh untuk hotel lainnya di Provinsi Aceh.

“Tidak ada masalah yang tidak ada jalan keluarnya, semakin solid suatu tim maka akan semakin mudah dalam penyelesaian suatu masalah. Inilah kiat mengapa Hermes Palace Hotel Banda Aceh masih bertahan di masa pandemi seperti sekarang ini,” demikian Budi Syaiful.

Masuk nominasi

Ketua Panitia HUT Ke-1 PT Media The Aceh Post yang juga Ketua Tim Penjaringan/Penetapan Penerima The Aceh Post Award 2021, Rifki Ismail mengatakan, keberhasilan manajemen Hermes Palace Hotel Banda Aceh membentuk Lembaga Kerja Sama (LKS) Bipartit—bahkan menjadi hotel pertama yang membentuk lembaga tersebut di Aceh—menjadi perhatian pihaknya.

“Pencapaian oleh Hermes Palace Hotel Banda Aceh tersebut kita bawa ke rapat tim, kita diskusikan, dan akhirnya kita tetapkan Hermes Palace Hotel Banda Aceh sebagai salah satu penerima The Aceh Post Award 2021 kategori perhotelan sebagai pelopor pembentukan LKS Bipartit di Aceh,” kata Rifki.

Dalam penilaian Tim Penjaringan/Penetapan Penerima The Aceh Post Award 2021, apa yang dilakukan Hermes Palace Hotel Banda Aceh sebagai upaya menciptakan iklim yang sehat antara pengusaha dan pekerja yang bisa memberikan dampak positif bagi daerah.

“Kita berharap apa yang dilakukan oleh Hermes Palace Hotel Banda Aceh bisa menjadi contoh bagi hotel-hotel lainnya, terutama di Aceh,” demikian Rifki Ismail. []

 

  • Bagikan
# #