BREAKING NEWS: Pondok Pesantren Darussalam Aceh Selatan Terbakar, BPBD Bejibaku Memadamkan Sang Jago Merah 

Kondisi saat rumah Dinas Abuya H Mawardi terbakar. (Foto: Yurisman/Theacehpost.com)

Theacehpost.com | TAPAKTUAN –Rumah Dinas Abuya H. Mawardi Waly Pimpinan Pondok Pasantren (Pompes) Darussalam, Blang Poroh, Labuhanhaji, Kabupaten Aceh Selatan terbakar, Rabu, 23 November 2022.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, H Zainal membenarkan adanya musibah kebakaran yang menimpa rumah dinas Pimpinan Pompes Darussalam Labuhanhaji.

“Benar rumah dinas Abuya Mawardi Waly terbakar. Saat ini sedang diupayakan pemadaman dengan melibatkan mobil pemadam kebakaran. Anggota kami sedang bekerja di lapangan,” katanya singkat.

Sekretaris Pondok Pasantren Darussalam, Abi Hidayat Waly yang dikonfirmasi wartawan melalui handpone menyebutkan, saat terjadi peristiwa kebakaran Abu Mawardi sedang tidak berada di rumah, beliau berada di Banda Aceh.

Menurut pengakuan saksi, kata Abi Hidayat, ia melihat percikan api ketika sudah terbakar bagian plapon, sekira pukul 14.30 WIB. Saat itu, saksi terkejut karena merasai hawa panas dan melihat bagian plapon terbakar. Sontak saja saksi berteriak minta tolong.

“Seketika itu pula para santri berhamburan dan berjibaku melakukan pemadaman manual dengan menyiram kobaran api menggunakan ember dan timba. Perkiraan kami, api bersumber dari arus pendek,” ucapnya.

Tidak lama berselang mobil pemadam kebakaranpun tiba di lokasi.

“Alhamdulillah kobaran api berhasil dipatahkan dan tidak menjalar ke bangunan lain. Upaya pemadaman sudah mencapai 90 persen,” tutupnya.[]

google logo