Bisnis tanpa Modal, Mungkinkah?

Ilustrasi. (Facebook.com)


(Laporan Saiful Alam, Wartawan Theacehpost.com
sebagai Prasyarat Kelulusan Mengikuti  Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Hermes Palace Hotel Banda Aceh, 13-14 Mei 2022)


DALAM ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba.

Secara historis kata bisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu business, dari kata dasar busy yang berarti ‘sibuk’ dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat.

Bisnis merupakan hal yang sudah tidak asing bagi kaum milenial. Bagaimana tidak, banyak sekali anak muda sekarang membangun bisnis seperti UMKM yang sukses.

Dulu, sebelum adanya teknologi dan ilmu dari orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang bisnis, mungkin kita tidak tahu dari mana mereka mendapatkan modal untuk menjalankan bisnis tertentu. Padahal caranya sangat mudah sekali kalau kita tahu tentang ilmunya.

Teknologi berpengaruh terhadap keberlangsungan dan kesuksesan bisnis, karena sekarang banyak sekali orang menggunakan handphone dan perangkat canggih lainnya.

Kenapa demikian? Karena untuk beli makan aja terkadang kita pesan melalui online jadi segitu ngaruhnya  teknlogi terhadap keberlangsungan bisnis.

Nah, kalau tanpa modal, mungkinlah kita menjalankan bisnis?

Memulai bisnis tanpa modal mungkin terdengar sulit untuk menjadi sebuah kenyataan.

Namun, bukan berarti membangun bisnis Anda harus selalu menguras seluruh tabungan dan membutuhkan uang banyak.

Pasalnya, di era digital sekarang dengan maju perkembangan teknologi dan informasi, Anda bisa memulai bisnis tanpa modal.

Hal ini menjadi solusi karena mengumpulkan biaya atau investasi untuk modal awal memang bukan hal yang mudah.

Berkembangnya teknologi dibarengi dengan penetrasi internet dan kepemilikan gadget yang tinggi membuat berbagai macam kegiatan bisa dijalankan dengan sistem online.

Hanya dengan menggunakan gadget dan koneksi internet, Anda bisa menjalankan banyak aktivitas dari rumah, misalnya berbelanja online, bekerja, juga berbisnis online.

Dengan kata lain, kunci untuk memulai bisnis tanpa modal adalah dengan memanfaatkan sumber daya yang ada saat ini.

Jika Anda adalah seseorang yang mempunyai keinginan untuk berbisnis tapi tidak memiliki modal, Anda bisa memperhatikan tips untuk mewujudkan bisnis tanpa modal.

Sebenarnya banyak cara untuk berbisnis tanpa modal. Salah satunya adalah menjadi selebgram.

Sebagai contoh banyak sekali sekarang anak muda maupun orang dewasa bisa mengambil keuntungan dari bermain TikTok atau aplikasi lainnya yang dapat menghasilkan uang, misalnya dengan menjadi endorsment.

Itu adalah cara anak muda sekarang memanfaatkan sosial media mereka untuk bisnis.

Bukan hanya menjadi selebgram kita juga  bisa menjadi reseller.

Nah, apa itu perbedaan reseller dan dropshipper?

Orang yang melakukan dropship disebut juga dropshipper. Dropshipper bisa kamu coba juga di e-commerce, misalnya dropship shopee salah satu cara mudahnya. Sedangkan reseller adalah seseorang yang menjual barang kembali dan mempromosikan barang dengan menyimpan stok barang.

Jadi reseller sangat mudah bukan?

Untuk laku atau tidaknya tergantung seberapa kreatifitas kita dalam mempromosikan barang yang kita jual.

Nah itulah antara lain contoh praktis untuk menjalankan bisnis tanpa modal. Selamat mencoba.[]