April, Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2021 Digelar di Perpusnas

  • Bagikan
Gedung Perpusnas di Jakarta. (Foto: Pewarta Foto Indonesia)

Theacehpost.com | JAKARTA – Ajang penghargaan tertinggi untuk jurnalis foto tanah air, Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2021 secara resmi mendapatkan dukungan penuh dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia.

Nantinya, Gedung Perpusnas yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan No 11, Jakarta Pusat akan menjadi venue utama penyelenggaraan APFI 2021 pada April mendatang.

Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando meyambut baik digelarnya APFI 2021 di gedung bersejarah tersebut.

Ia merasa bangga bisa terpilih sebagai tuan rumah APFI 2021 dan berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh.

“Ajang ini patut didukung untuk memperkaya pengetahuan beragam sisi kehidupan masyarakat Indonesia yang didokumentasikan dalam bentuk foto”, ujarnya.

Syarif juga menambahkan bahwa gelaran APFI 2021 ini dapat memperkaya pengetahuan masyarakat dan diharapkan menjadi pemicu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Saya harap masyarakat datang ke Perpusnas untuk melihat rekaman sejarah peristiwa 2019 dan 2020 dengan mematuhi protokol kesehatan. Ke depannya, Perpusnas siap untuk kembali menggelar APFI,” ujar Syarif.

Ketua Panitia APFI 2021 Sopian, memberikan apresiasi tertingginya dan mengucapkan terima kasih atas komitmen serta dukungan yang telah diberikan Perpusnas dalam penyelenggaraan APFI 2021.

“Terima kasih kepada Perpusnas yang telah memberikan tempat sangat spesial, di lobi utama Perpusnas, untuk menggelar Anugerah ini. Semoga kerjasama ini bisa berlanjut seterusnya,” ujar Sopian dalam keterangan tertulis kepada Theacehpost.com, Senin, 8 Maret 2021.

Panitia penyelenggara juga telah mempersiapkan hal teknis digelarnya APFI 2021 nanti.

Untuk menerapkan protokol kesehatan, pengunjung diwajibkan untuk dicek suhu tubuhnya, cuci tangan sebelum memasuki gedung, memakai masker, hingga melakukan check-in via QR code.

“Selain lokasi yang strategis dan mudah dijangkau, di sini pengunjung akan dipenuhi segala kebutuhannya, mulai melihat foto-foto penerima anugerah, ruang baca khusus, kantin yang bersih, hingga dapat menyaksikan panorama Tugu Monas dari ketinggian 120 meter” tambah Sopian.

Ketua Umum Pewarta Foto Indonesia (PFI) Reno Esnir mengucap syukur Alhamdulillah APFI 2021 digelar ditempat bersejarah, tepat di jantung ibu kota.

“Terima kasih kepada Perpusnas atas kesediaan dan dukungannya untuk menjadi tuan rumah APFI 2021. Di tengah pandemi Covid-19 ini APFI akan digelar secara sederhana dengan tetap mengedepankan kualitas karya penerima anugerah,” ucap pewarta foto Antara ini. []

  • Bagikan