Anies Baswedan Gantikan Pidato Jokowi di KTT ASEAN 2023 Akibat Pidato Presiden Amburadul adalah Hoaks

Sumber foto: Kominfo RI.

Theacehpost.com | BANDA ACEH – Beredar postingan video palsu di YouTube tentang Anies Baswedan menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena pidato Presiden dianggap amburadur dalam pidato Konferensi Tingkat Tinggi Association of Southeast Asian Nations (KTT ASEAN) 2023.

banner 72x960

Klaim tersebut didukung dengan gambar yang menggambarkan Anies Baswedan sedang berbicara di depan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan forum ASEAN.

Namun, fakta yang sebenarnya, seperti yang dilaporkan oleh turnbackhoax.id, adalah bahwa foto dalam video tersebut merupakan hasil suntingan atau editan.

Foto asli tersebut diambil ketika Retno Marsudi memimpin ASEAN Coordinating Council (ACC) ke-32 yang berlangsung di Jakarta pada tanggal 3 Februari 2023.

Selain itu, narasi yang dibacakan dalam video tidak memiliki kaitan dengan klaim video tersebut. Narator hanya membacakan ulang artikel yang diunggah oleh Liputan6 dengan judul “HEADLINE: KTT ke-43 ASEAN Digelar di Jakarta, Arti Penting bagi Indonesia?”.

Diskominfo telah melakan verifikasi dan penelusuran lebih jauh terhadap konten hoaks tersebut. Seperti dimuat dalam laman resmi kominfo.go.id.

“Dengan demikian, video tersebut adalah salah informasi  (disinformasi) yang telah disebar dengan foto yang disunting dan narasi yang tidak relevan,” sebut Kominfo dalam keterangannya.[]

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *