AFF 2022 Resmi Dibuka, Disbudpar Aceh Dukung Pengembangan Industri Film

Garin Nugroho sedang menyampaikan materi pada acara Aceh Film Festival di Garuda Theater, Banda Aceh, Sabtu, 24 September 2022.

Thecehpost.com| BANDA ACEH – Kepala Dinas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almunizal Kamal, resmi membuka Aceh Film Festival (AFF) 2022 di Garuda Theater, Sabtu, 24 September 2022, yang dibarengi dengan Masterclass Penyutradaraan.

Almunizal Kamal, mengatakan dalam pidato pembukaannya sangat mendukung acara festival seperti ini.

“Film adalah sebuah karya seni yang mampu meningkatkan ekonomi kreatif. Saya juga berharap kita bisa menghasilkan karya film yang mengangkat budaya Aceh. Dan yang bermain film dan pembuatnya dari Aceh,” ujarnya.

Selain itu, dia berharap tahun depan program Gampong Film dibuat di setiap kabupaten di Aceh. “Insya Allah pemerintah siap mendukung,” imbuhnya.

Jamaluddin Phonna, selaku Direktur Aceh Film Festival 2022, mengatakan, dirinya senang acara puncak AFF kali ini berlangsung di Garuda Theater.

“Alhamdulillah kita bisa membentang layar di Garuda Theater, di mana gedung ini punya banyak memori tentang sinema masyarakat Aceh,” kata Jamal dalam sambutannya.

Sementara itu, Narasumber Masterclass Penyutradaraan Garin Nugroho, mengatakan, untuk menjadi sutradara kita harus memahami modal ekonomi dan ekosistem pendukung.

“Anda harus paham betul ekosistem pendukung, seperti ke mana Anda harus mendistribusikan karya nantinya. Juga perlu memahami sosial agar menghasilkan cerita yang menarik,” terangnya.

Dia menjelaskan, memahami modal ekonomi penting untuk memproduksi karya. Modal ekonomi bisa dari mana saja sehingga harus memahami psikologi saat melakukan deal dengan mitra dalam pembuatan film.

Seperti diketahui, Aceh Film Festival 2022 akan berlangsung dari 24-28 September 2022. Pada Sabtu malam, 24 September 2022 akan diputar Pesantren karya Salahuddin Siregar sebagai film pembuka. []

google logo