Aceh Tawarkan Investasi KEK Arun dan Pariwisata Sabang di Expo 2020 Dubai

  • Bagikan
Pemerintah Aceh menyelenggarakan Forum Bisnis untuk menarik minat investasi di kalangan pelaku usaha mancanegara, yang hadir pada perhelatan internasional Expo 2020 Dubai pada 30 Oktober hingga November 2021 di Business Lounge, Paviliun Indonesia, Uni Emirat Arab (UEA). (Foto: Infopublik.id)

Theacehpost.com | DUBAI – Pemerintah Aceh menyelenggarakan Forum Bisnis untuk menarik minat investasi di kalangan pelaku usaha mancanegara di Paviliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Pada perhelatan internasional yang diselenggarakan pada 30 Oktober hingga November 2021 ini, Forum Bisnis Aceh diselenggarakan dengan mengusung 10 topik tentang potensi dan proyek investasi di Aceh.

Di antaranya topik pengembangan pariwisata di Pulau Banyak, Aceh Singkil yang menyasarkan penyelia Sovereign Wealth Fund dan pelaku usaha di bidang pariwisata dan perhotelan.

Selain itu, Pemerintah Aceh juga turut memaparkan potensi investasi pada pengembangan kawasan ekonomi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe, Kawasan Industri Aceh (KIA) Ladong, Kawasan Perdagangan Bebas Sabang dan Pelabuhan Perikanan Internasional (PPS) Kutaraja, Lampulo.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh, Marthunis mengatakan Forum Bisnis Aceh yang diadakan pada world expo kali ini diharapkan mampu memberikan perspektif yang lebih dalam kepada calon investor mancanegara, dan khususnya kepada kalangan pelaku usaha di UEA.

“Kita optimis dengan adanya Forum Bisnis ini, prospek investasi di Aceh dapat disosialisasikan dengan lebih luas kepada masyarakat internasional dan Timur Tengah,” kata Marthunis dalam keterangan tertulis, yang diterima Theacehpost.com, Sabtu, 6 November 2021.

Sementara itu Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Pelabuhan Bebas dan Pedagangan Sabang (BPKS), Iskandar Zulkarnain mengatakan pihaknya sangat antusias berpartisipasi dalam forum bisnis, mengingat Sabang masih memerlukan investasi, khususnya pada pengelolaan pelabuhan dan sektor pariwisata.

“Kita berharap dengan adanya Forum Bisnis ini dapat mengekspose potensi Sabang, terutama dari segi keunggulannya sebagai lokasi strategis dalam jalur perdagangan dunia,” katanya.

Expo 2020 Dubai merupakan pameran internasional yang menyajikan pencapaian negara-negara di dunia. Keikutsertaan Indonesia pada event ini merupakan kolaborasi antar-kementerian dan lembaga yang dikoordinasikan oleh Kementerian Perdagangan.

Sebanyak 22 Kementerian dan lembaga serta delapan pemerintah provinsi dipastikan akan mendukung seluruh kegiatan Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai yang akan berlangsung pada 1 Oktober 2021—31 Maret 2022. []

  • Bagikan
#