48 Desa di Aceh Tamiang Terendam Banjir

Rumah warga di Dusun Landuh, Desa Marlempang, Aceh Tamiang yang terendam banjir.

Theacehpost.com | ACEH TAMIANG – Sebanyak 48 desa yang tersebar di delapan kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang dilaporkan terendam banjir yang disebabkan intensitas hujan yang melanda sejak dua hari terakhir.
Dampaknya ribuan rumah terendam banjir dengan ketinggian mulai 20 hingga 250 centimeter.

Berdasarkan data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tamiang, per 23 Januari 2023 tercatat ada delapan kecamatan yang terendam banjir dengan rincian Kecamatan Sekerak sebanyak 6 desa, Kecamatan Bandar Pusaka 6 desa, Kecamatan Kejuruan Muda 4 desa, Kecamatan Kota Kuala Simpang 4 desa, Kecamatan Karang Baru 7 desa, Kecamatan Bendahara 12 desa, Kecamatan Rantau 6 desa, dan Kecamatan Seruway 3 desa.

Banjir ini juga telah berdampak terhadap hanyutnya 1 unit rumah dan merusak 625 unit rumah dengan klasifikasi ringan dan memaksa 3.112 jiwa harus mengungsi dan 9.239 jiwa memilih bertahan di rumah masing-masing.

Tidak hanya itu banjir ini juga berdampak terhadap rusaknya 507 hektare lahan persawahan dan 493 hektare perkebunan sawit.

Kepala BPBD Aceh Tamiang Iman Suhery melalui Analis BPBD Aceh Tamiang Doni Indrawan yang dihubungi Theacehpost.com mengimbau masyarakat tetap tenang. []