Alsa Travel, Tumbuh dari Kebutuhan Pasca Tsunami hingga Jadi Biro Umrah Terkemuka

CEO & Direktur Alsa Travel, Eri Doharny dan Yusra Alsa. [Foto: Istimewa]

THEACEHPOST.COM | Banda Aceh – Berawal dari kebutuhan pasca-tsunami Aceh pada 2005, Alsa Travel yang didirikan oleh Eri Doharny telah tumbuh menjadi salah satu biro perjalanan wisata terkemuka di Aceh.

banner 72x960

Awalnya, Alsa Travel hanya melayani permintaan tiket perjalanan para delegasi NGO dan pekerja asing yang membantu rekonstruksi Aceh.

Namun, pada 2007, seiring menurunnya kehadiran pekerja asing, Alsa Travel mulai merambah ke dunia pariwisata dengan menyediakan paket tur, khususnya bagi pelajar.

Paket “Tour 3 Negara” yang menjadi andalan Alsa Travel saat itu berhasil menarik minat para siswa SMA dan SMP untuk mengunjungi Malaysia, Singapura, dan Thailand Selatan, paket 7H5M.

Pada 2010, Eri Doharny melihat peluang dalam layanan umrah, yang kala itu belum begitu ramai di Banda Aceh.

Berbekal pengalaman melayani wisatawan, Alsa Travel memperluas pelayanannya ke perjalanan umrah dan terus eksis hingga saat ini.

Menurut Eri, peran doa dan ridho Allah menjadi kunci utama dalam kesuksesan bisnisnya. Ia percaya bahwa bisnis yang ia kelola bukan hanya soal keuntungan materi, tetapi juga kesempatan berharga untuk berkunjung ke Baitullah tiga hingga empat kali dalam setahun.

Dalam menjalankan usahanya, Alsa Travel menawarkan tiga paket umrah dengan variasi harga, yakni paket ekonomis seharga Rp30 juta, paket premium Rp33 juta, dan paket platinum (VIP) Rp39 juta.

Menurut Eri, permintaan tertinggi untuk layanan umrah biasanya terjadi di bulan Muharram, setelah tertundanya beberapa keberangkatan di bulan Ramadan dan musim haji.

Motivasi Eri dalam menjalankan bisnis ini berasal dari kebahagiaan yang dirasakan oleh para jamaah saat beribadah di Tanah Suci.

“Binar-binar di mata jamaah saat mengunjungi dua tanah suci, itu yang membuat saya semangat terus berkarya,” ujar Eri, Senin (30/9/2024).

Ia juga menyatakan bahwa bisnis ini telah membawa dampak besar dalam kehidupannya sehari-hari, terutama dalam menjalani gaya hidup yang lebih Islami.

Eri berharap agar ke depan, jamaah semakin teredukasi dalam memilih biro perjalanan. Menurutnya, kualitas layanan harus menjadi prioritas, bukan sekadar harga murah.

“Ingat, paket murah, pulang jamaah marah-marah,” tegasnya, mengingatkan calon jamaah untuk lebih berhati-hati dalam memilih biro umrah.

Untuk melakukan pemesanan layanan di Alsa Travel, masyarakat cukup menghubungi melalui WhatsApp di nomor 08126955856.

Dengan komitmen pada kualitas pelayanan dan pengalaman yang sudah terbukti, Alsa Travel terus berdiri kokoh sebagai salah satu biro perjalanan terdepan di Aceh, siap melayani jamaah dalam perjalanan ibadah ke Tanah Suci. (Susan)

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News dan saluran WhatsApp

Komentar Facebook