Olahraga Petanque Tak Lagi Dipertandingkan di PON XXII/2028 NTB-NTT

Gambar ilustrasi. [Foto: Istimewa]

THEACEHPOST.COM | Banda Aceh – Olahraga Petanque resmi tidak dipertandingkan pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXII/2028 yang akan dihelat di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

banner 72x960

Hal ini sesuai dengan Berita Acara hasil rapat koordinasi persiapan PON XXII/2028 NTB-NTT di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat yang menyatakan bahwa ada 40 cabang olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan pada PON tersebut.

Untuk diketahui, olahraga petanque lahir di Indonesia pada tahun 2011 bertepatan dengan Sea Games XXVI/Jakarta-Palembang dan pernah menjadi eksibisi pada PON XIX/2016 di Jawa Barat.

Saat pelaksanaan PON XX/2020 di Papua, petanque tidak dipertandingkan karena terkendala satu dan lain hal, padahal sudah melaksanakan pra-PON di Jakarta pada tanggal 26-31 Agustus 2019.

Namun pada saat PON XXI Aceh-Sumut, olahraga petanque kembali dipertandingkan secara resmi dengan 13 nomor pertandingan yang bertempat di Lapangan Petanque Aceh, Komplek Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh.

Dalam perhelatan itu, kontingen Aceh berhasil meraih juara umum dengan perolehan 4 emas, 1 perak dan 5 perunggu.

Sayangnya, saat itu NTB sebagai calon tuan rumah PON XXII/2028 tidak berhasil mengantongi satu medalipun dan harus pasrah dengan tangan kosong, serta NTB yang juga menjadi tuan rumah bersama ini juga tidak ikut menyertai cabor petanque di PON XXI tersebut.

Sebagai tuan rumah PON XXII/2028, NTB dan NTT memutuskan untuk tidak mengikutsertakan cabang olahraga petanque untuk dipertandingkan di tahun 2028 nanti.

Berikut ini 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PON XXII/2028 NTB-NTT.

NTB akan mempertandingkan 20 cabang yaitu akuatik,bulu tangkis, tinju, equestrian, sepakbola, senam, bola tangan, midern pentathlon, rugby, layar, selancar ombak, tenis meja, taekwondo, tenis, angkat besi, gulat, shorinji kempo, pencak silat, cricket, dan aerosport (paralayang dan paramotor).

Sementara NTT juga akan mempertandingkan 20 cabang yang terdiri dari panahan, atletik, bola basket, dancersport (breaking), dayung (canoeing dan rowing), balap sepeda, anggar, hockey, golf, judo, menembak, skateboard, panjat tebing, triatlon, bola voli, karate, muay thai, wushu, tarung derajat, dan bermotor. []

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News dan saluran WhatsApp

Komentar Facebook