Pemkab Aceh Tamiang Terima Anugerah P2DD Terbaik dari Kemenko Perekonomian

Pemkab Aceh Tamiang mendapatkan penghargaan P2DD terbaik dari Kemenko Perekonomian. [Foto: Istimewa]

THEACEHPOST.COM | Jakarta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang didaulat sebagai kabupaten dengan program unggulan Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) terbaik oleh Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Perekonomian.

banner 72x960

Penghargaan atas kategori tersebut diterima oleh Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tamiang, Drs Asra, dalam rangkaian acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah, di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Senin (23/9/2024).

Pj Bupati Aceh Tamiang, Drs Asra, yang menerima langsung anugerah P2DD Award 2024 menyampaikan rasa syukur yang tak terhingga atas capaian tersebut.

Ia mengatakan, Pemkab Aceh Tamiang berkomitmen kuat mengimplementasikan elektronifikasi transaksi keuangan daerah serta digitalisasi layanan publik secara umum.

Ia menyebutkan, hal ini sesuai arahan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, saat membuka Rakornas.

“Ada 4 poin penting penyampaian Pak Menko saat membuka Rakornas tadi. Pertama, realisasi belanja APBD untuk mendorong perekonomian daerah. Kedua, ekosistem transaksi digital dan peran Bank Pembangunan Daerah bisa lebih ditingkatkan. Ketiga, Satgas P2DD diminta untuk mengakomodir PP 35 Tahun 2023 tentang Ketentuan Umum PDRD. Terakhir, sosialisasi dan branding. Kami sepakat dengan Pak Menko, karena ini menjadi sangat penting,” sebut Pj Bupati Asra.

Dalam pembukaan Rakornas, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, koordinasi antara Pemerintah Pusat dan Daerah dalam mendorong pertumbuhan perekonomian nasional, salah satunya diwujudkan melalui Rakornas P2DD Tahun 2024 yang bertema “Digitalisasi Transaksi Pemda Untuk Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah” ini.

Ditambahkannya, saat kepemimpinan ASEAN kemarin, Indonesia sudah mendukung Digital Economic Framework Agreement. Karenanya, P2DD ini menjadi sangat penting.

“Yang pertama adalah penting untuk perkembangan implementasi kebijakan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD),” ucap Airlangga.

Dikatakan, sebagai bentuk evaluasi dan apresiasi kinerja Pemerintah Daerah, Kemenko Perekonomian menggelar  Championship TP2DD 2024 dengan level playing field di 5 wilayah yaitu Sumatera, Jawa-Bali, Kalimantan, Sulawesi, serta Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Satgas P2DD telah menetapkan 15 Pemda penerima penghargaan TP2DD terbaik, 3 pemda penerima penghargaan Program Unggulan terbaik di tingkat Provinsi, Kabupaten, dan Kota, 1 BPD terbaik, serta 3 TP2DD Rookie of the Year yang dinilai paling mendukung kebijakan P2DD tahun 2023.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut di antaranya l, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih, para Eselon I Kementerian/Lembaga terkait, para Gubernur, Bupati, dan Walikota selaku Ketua TP2DD, serta para pimpinan pelaku usaha Lembaga Keuangan dan Jasa Pembayaran. (Saiful Alam)

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News dan saluran WhatsApp

Komentar Facebook