KIP Nagan Raya Tetapkan Nomor Urut Empat Paslon Bupati dan Wakil Bupati 2024

KIP Nagan Raya melakukan pengundian nomor urut bagi Paslon Bupati dan Wakil Bupati Nagan Raya 2024. [Foto: The Aceh Post/Agus]

THEACEHPOST.COM | Suka Makmue – Komisi Independen Pilihan (KIP) Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh  resmi menetapkan nomor urut calon Bupati dan Wakil bupati setempat, Senin (23/9/2024).

banner 72x960

Pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil Bupati Nagan Raya tersebut, dilakukan dalam Rapat Pleno Terbuka yang berlangsung di Aula Kantor KIP di pimpin langsung oleh Ketua KIP Nagan Raya Danda Runtala yang didampingi empat Anggotanya.

Berdasarkan hasil pengundian nomor urut Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Nagan Raya yakni Pasangan Samsuardi SH dan Adifal Susanto STP mendapatkan nomor urut 1. Pasangan ini diusung oleh Partai Aceh dan PKS.

Pasangan Dr Teuku Raja Keumangan SH MH dan Raja Sayang mendapatkan nomor urut 2. Pasangan ini diusung oleh Partai Golkar dan Partai SIRA.

Kemudian Pasangan Drs H Asib Amin dan Tarmilin Usman SE MSi mendapatkan nomor urut 3. Pasangan ini diusung oleh PPP, Gerindra, PNA, Gelora dan Partai Ummat.

Sedangkan Pasangan Jonniadi SE MSi dan Zaini Mantri Doi mendapatkan nomor urut 4. Pasangan ini diusung oleh Partai Demokrat, NasDem, PKB, PAS Aceh, PDI Perjuangan, PAN, PKN, Hanura, Perindo, PBB, dan PDA.

Dalam kesempatan itu, Ketua KIP Nagan Raya, Danda Runtala menyampaikan, pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati resmi dibuka dan dinyatakan terbuka untuk umum.

Danda menjelaskan, pengundian nomor urut calon bupati dilaksanakan berdasarkan ketentuan pasal 121, ayat 1, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota.

Hal itu, lanjutnya, sebagaimana telah diubah dengan PKPU Nomor 10 Tahun 2024 tentang Perubahan Atas PKPU Nomor 8 Tahun 2024.

“Alhamdulillah pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati sudah selesai kita laksanakan,” sebut Danda Runtala.

Sementara itu, Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas menyampaikan apresiasi kepada KIP Nagan Raya atas terselenggaranya rapat pleno tersebut dengan tertib dan lancar.

Ia menekankan pentingnya proses Pilkada yang demokratis, adil, dan transparan demi keberhasilan pelaksanaan pemilu yang berkualitas.

“Saya berharap seluruh tahapan Pilkada ini berjalan dengan lancar hingga hari pemilihan nanti. Mari kita bersama-sama menjaga suasana kondusif, menjaga integritas, serta mengedepankan nilai-nilai demokrasi yang sehat,” kata Fitriany.

Selain itu, Pj Bupati Fitriany juga menghimbau kepada seluruh pasangan calon dan tim pendukungnya untuk melaksanakan kampanye secara bijak dan santun, serta tetap mematuhi aturan yang telah ditetapkan.

Menurutnya, keberhasilan Pilkada tidak hanya ditentukan oleh penyelenggara, tetapi juga oleh semua pihak yang terlibat.

“Harapan saya kepada semua pasangan calon agar berkompetisi dengan sehat, mari ciptakan suasana pemilihan yang damai dan kondusif, hindari provokasi yang dapat memicu konflik di masyarakat. Siapa pun yang terpilih nanti, itulah bupati kita, dan sudah sepatutnya kita dukung untuk membangun Nagan Raya yang kita cintai,” imbuh Fitriany.

Acara ini turut dihadiri oleh unsur Forkopimda, Komisioner Panwaslih Nagan Raya, sejumlah pejabat dari instansi terkait, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, perwakilan partai politik, tim sukses, serta masyarakat yang antusias menyaksikan pengundian nomor urut tersebut.

Sebagai informasi, pada Selasa 24 September 2024, akan dilaksanakan Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nagan Raya 2024 di Jalan Poros Utama, Suka Makmue. (Agus)

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News dan saluran WhatsApp

Komentar Facebook