Perjalanan Tgk H Musannif Sebagai Calon Bupati Aceh Besar: Dari Himpun Koalisi Besar hingga Dapat Nomor Urut 4

Pasangan Musannif-Sanusi bersama massa pendukungnya bergerak dengan jalan kaki menuju ke kantor KIP Aceh Besar untuk mendaftar Pilkada 2024, Rabu (28/8/2024). [Foto: Istimewa]

THEACEHPOST.COM | Jantho – Perjalanan Tgk H Musannif menjadi Calon Bupati Aceh Besar 2024 dipenuhi dengan perjuangan, pengorbanan dan semangat pantang menyerah.

banner 72x960

Mulai dari menghimpun kekuatan koalisi, bersilaturahmi dengan warga desa, hingga memperoleh nomor urut 4 di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Diketahui, Pasangan Calon (Paslon) Tgk H Musannif dan Ir H Sanusi Hasyim, baru saja memperoleh nomor urut 4 saat pengundian nomor urut dilakukan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar di Aula Gedung SKB Kota Jantho, Aceh Besar, Senin (23/9/2024).

Pasangan yang menggaungkan tajuk perubahan di Aceh Besar itu telah menembus dimensi waktu dan kisah perjalanannya bisa dijadikan cerita inspiratif tentang arti perjuangan dan semangat berusaha.

Berikut Litbang Theacehpost.com berupa rangkuman perjalanan Tgk H Musannif di Pilkada Aceh Besar 2024.

Himpun Koalisi Besar

Pasangan Tgk H Musannif dan Ir H Sanusi Hasyim, atau pasangan yang lebih dikenal sebagai Pasangan Musannif Bersama Sanusi (MBS), diusung oleh lima partai politik yang memiliki pengaruh di Aceh Besar. Kelima partai tersebut adalah PKB, Partai Golkar, Partai Gelora, Partai GABTHAT dan PAS Aceh.

Koalisi ini terbentuk berkat perjuangan Tgk Musannif dalam menghimpun kekuatan koalisi di Aceh Besar. Semua ini dilakukan karena menurut Tgk Musannif, membangun Aceh Besar tidak mungkin bisa dilakukan seorang sendiri.

Hampir seluruh partai yang ada di Aceh Besar sempat disambangi oleh Tgk H Musannif. Padahal, partainya PKB, dapat mengusung sendiri calon kepala daerah di Pilkada 2024 karena telah mencukupi ambang batas pencalonan.

Namun semua itu tidak dilakukan karena didasari oleh prinsip bahwa dengan kebersamaan, membangun Aceh Besar yang lebih baik ke depan akan lebih mudah dilakukan. Kebersamaan itulah yang menghantarkan Tgk Musannif dapat mencalonkan diri di Pilkada Aceh Besar 2024.

Calon Bupati Aceh Besar, H Musannif, menyapa ribuan massa pendukungnya usai mendaftar ke KIP Aceh Besar, Rabu (28/8/2024). [Foto: Istimewa]

Dalam sebuah kesempatan bersama reporter Theacehpost.com, Tgk Musannif mengatakan, Aceh Besar merupakan daerah yang cukup besar. Untuk menciptakan iklim progresif, dibutuhkan semangat kolaborasi dengan melibatkan semua unsur dan pihak.

Menurutnya, kedamaian dan persatuan diantara seluruh kalangan dan kelompok adalah kunci untuk mempercepat pencapaian segala kepentingan yang dibutuhkan Aceh Besar.

“Dalam setiap langkah kita, penting untuk menjaga perdamaian dan persatuan. Mari kita bersama-sama membangun masa depan yang lebih baik dengan semangat persatuan dan perdamaian. Tinggalkan politik fitnah, fokus pada solusi nyata, dan ciptakan Aceh Besar yang lebih maju dan makmur untuk generasi mendatang,” kata Tgk Musannif di sebuah warung kopi, Aceh Besar, Sabtu (13/7/2024).

Pererat Tali Kasih dengan Warga Aceh Besar

Pasangan MBS saat ini termasuk ke dalam pasangan calon yang memiliki rutinitas padat bersama warga Aceh Besar.

Akhir-akhir ini, tercatat ada banyak sekali jadwal kunjungan silaturahmi Tgk H Musannif, baik dengan masyarakat tingkat kemukiman di Aceh Besar, masyarakat tingkat gampong, maupun dengan masyarakat personal.

Jauh sebelum itu, Tgk H Musannif dikenal sebagai sosok filantropi lokal yang menginspirasi. Baginya, harta bukan lagi semata-mata tujuan hidup. Dirinya tidak lagi menganggap hidup serba transaksional.

Ia tidak segan mengucurkan sebagian besar hartanya untuk membantu sesama yang jauh lebih membutuhkan, menjadikannya dermawan dan rela menyumbangkan hartanya untuk beramal.

Calon Bupati Aceh Besar, Tgk H Musannif, silaturahmi dengan ribuan warga Kemukiman Klieng, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, Sabtu (21/9/2024) malam. [Foto: Istimewa]

Tgk H Musannif terbukti tidak gengsi untuk menyapa masyarakat kelas bawah. Ia bertemu dengan lansia, memberikan semangat kepada anak-anak kelompok disabilitas, dan ringan tangan membantu masyarakat yang sedang ditimpa musibah.

Kebaikan untuk sesama adalah jalan kebaikan yang selalu ia praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam momentum Pilkada 2024, Tgk Musannif memutuskan maju mencalonkan diri sebagai calon bupati karena ingin mewujudkan Kabupaten Aceh Besar sejahtera, maju, mandiri, harmonis dan berkeadilan untuk semua.

Baginya, Pilkada adalah jalan jihad politik untuk berjuang tiada henti mencurahkan seluruh kemampuan yang dimiliki hingga tercapai apa yang diperjuangkan, yakni perubahan untuk Aceh Besar.

“Kita harus siap membantu sesama, terutama dalam masa-masa sulit,” kata Tgk Musannif, saat mengunjungi korban kebakaran yang terjadi di lingkungan stasiun Gampong Pasar Seulimeum, Aceh Besar, Selasa (4/6/2024).

Dapat Nomor Urut 4

Pagi ini, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar melakukan pengundian nomor urut untuk empat Paslon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Besar di Aula SKB Kota Jantho, Aceh Besar, Senin (23/9/024).

Pasangan Tgk H Musannif dan Ir H Sanusi Hasyim memperoleh nomor urut 4.

Pasangan Musannif-Sanusi memperoleh nomor urut 4 di Pilkada Aceh Besar 2024, Senin (23/9/2024). [Foto: Istimewa]

Angka 4 dalam Islam bisa merujuk kepada empat sifat Rasulullah Saw, yakni siddiq, amanah, tabligh dan fathanah.

Keempat sifat ini jugalah yang kemudian menjadi panduan bagi Pasangan MBS di Aceh Besar mengamalkan empat pilar kepemimpinan yang diajarkan oleh Rasulullah Saw.

Bagi Pasangan MBS, angka 4 merupakan angka keberkahan, anugerah dari sebuah angka yang bisa merujuk kepada banyak hikmah.

“Nomor urut empat bagi kami adalah sebuah anugerah,” kata Tgk Musannif kepada Theacehpost.com, Aceh Besar, Senin (23/9/2024). (Akhyar)

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News dan saluran WhatsApp

Komentar Facebook