Pembukaan PON XXI Bakal Angkat Budaya dan Sejarah Aceh

Kabid Upacara PB PON XXI Wilayah Aceh, Akkar Arafat (tengah). [Foto: RMOL Aceh/Merza]

THEACEHPOST.COM | Banda Aceh – Pergelaran pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di Stadion Harapan Bangsa (SHB), Banda Aceh, direncanakan akan menampilkan kesenian dan kebudayaan khas Aceh.

banner 72x960

Kepala Bidang Upacara Pengurus Besar (PB) PON Wilayah Aceh, Akkar Arafat mengatakan, tarian khas Aceh akan menjadi bagian integral dari acara pembukaan tersebut. Penyuguhan dari penampilan ini untuk memberi gambaran tentang keanekaragaman dan keindahan budaya Aceh.

“Tarian yang ditampilkan sarat dengan makna sejarah, nilai-nilai lokal dan edukasi budaya, termasuk musik tradisional, pakaian adat dan seni kerajinan,” kata Akkar Arafat, Banda Aceh, Kamis (5/9/2024).

Selain penampilan tarian kolosal, pembukaan PON XXI juga akan mengangkat figur sejarah pahlawan wanita Aceh, Laksamana Keumalahayati, yang terkenal gigih dalam berjuang melawan invasi penjajahan Belanda.Penampilan ini akan memadukan tarian dan visual untuk memperingati kontribusi pejuang Aceh.

Lebih lanjut, Akkar menjelaskan bahwa teknologi proyeksi visual canggih akan digunakan untuk menciptakan efek dramatis, memungkinkan penonton merasakan budaya Aceh secara inovatif.

“Kombinasi pencahayaan spektakuler dan kembang api akan menambah kemeriahan acara, menciptakan suasana megah dan mengesankan,” tuturnya.

Secara menyeluruh, konsep pembukaan PON XXI Aceh-Sumut akan memadukan unsur penghormatan kepada warisan budaya dan sejarah Aceh dengan memanfaatkan teknologi modern untuk menciptakan pengalaman nyata yang menakjubkan dan mengesankan.

“Ini adalah cara yang efektif untuk mengenalkan Aceh kepada masyarakat luas dan meninggalkan kesan mendalam pada semua yang hadir,” pungkasnya. (Akhyar)

Baca berita The Aceh Post lainnya di Google News dan saluran WhatsApp

Komentar Facebook