Jelang Pemilu 2024, Labpsa dan Prodi Sosiologi Agama UIN Ar-Raniry Banda Aceh Gelar Sekolah Kebangsaan Literasi Digital

Theacehpost.com | BANDA ACEH – Laboratorium Pengembangan Sosial Keagamaan (Labpsa) dan Program Studi Sosiologi Agama Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh menggelar Sekolah Kebangsaan Literasi Digital.

banner 72x960

Kegiatan  yang didukung oleh TULAR NALAR.ID ini berlangsung di Aula Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Jumat 29 Desember 2023.

Acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Salman Abdul Muthalib, Ketua Program Studi Sosiologi Agama, Azwar Fajri, Sekretaris Program Studi, Nofal Liata, Ketua Labpsa, Arfiansyah, dan dipandu oleh 11 fasilitator dari Labpsa dan Mafindo Aceh.

Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Salman Abdul Muthalib, menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, momen menjelang pemilu merupakan masa yang rentan akan berita hoaks yang dapat menjebak banyak orang.

“Dengan adanya kegiatan literasi ini, kita dapat membangun kesadaran untuk menanggapi berita hoaks. Tidak mudah percaya dengan berita-berita yang tidak jelas referensinya. Apalagi tidak lama lagi Indonesia akan melaksanakan Pemilu 2024, kita harus waspada akan berita hoaks mengenai pemilu,” ujar Salman.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Program Studi Sosiologi Agama, Azwar Fajri. Menurutnya, isu hoaks merupakan isu yang sangat berbahaya yang dapat merusak kepercayaan hingga menimbulkan pro dan kontra antara sesama manusia.

“Apalagi di era sekarang, teknologi sangat canggih, berita-berita miring semakin melunjak tanpa ada bukti yang sangat mudah diterima masyarakat. Oleh sebab itu, semoga dengan adanya kegiatan sekolah literasi ini, kita dapat menjadi lebih bijak dalam menangani isu dan berita yang beredar di media sosial,” ujar Azwar.

Pelaksanaan Sekolah Kebangsaan Literasi Digital ini diharapkan dapat menjadi wadah anak muda untuk lebih bijak dalam menangani isu dan berita yang beredar di media sosial, serta menjadi ruang belajar dalam mengenal isu agama, sosial, dan politik.[]

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *