Abdya Sosialisasi Rancangan Perbup Pengelolaan Dana Desa 2024

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Gampong DPMP4 Abdya, Arief Zulfahmi (pegang mickropon) didampingi oleh Camat Setia, Raifin dan Koordinator Kabupaten TPP Abdya, Teuku Jasman (Berpeci Haji), sedang melakukan Sosialisasi Rancangan Peraturan Bupati Abdya tentang Pengelolaan Dana Desa tahun 2024 di Aula Kantor Camat Setia, Selasa, 12 Desember 2023. (Foto: Robbi Sugara).

Theacehpost.com | BLANGPIDIE – Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) Kabupaten Aceh Barat Daya  (Abdya) saat ini sedang melakukan Sosialisasi Rancangan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pengelolaan Dana Desa tahun anggaran 2024.

banner 72x960

Kepala DPMP4 kabupaten Abdya, Nur Afni Muliana melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Gampong, Arief Zulfahmi, mengatakan bahwa Sosialisasi Rancangan Perbup tersebut akan dilakukan oleh pihaknya selama beberapa hari kedepan.

“Sosialisasi ini kita lakukan selama 3 hari, mulai dari hari ini, Selasa, 12 Desember 2023 sampai dengan Kamis, 14 Desember 2023 untuk seluruh kecamatan di Abdya,” kata Arief Zulfahmi di kantor Camat Setia, Selasa, 12 Desember 2023.

Ia menjelaskan bahwa yang menjadi peserta dalam kegiatan sosialisasi ini adalah seluruh Keuchik, Sekretaris Desa (Sekdes), Ketua Tuha Peut gampong, dan Tenaga Pendamping Profesional (TPP).

“Dalam kegiatan ini, kita akan menjelaskan tentang rancangan Perbup Pengelolaan Dana Desa tahun 2024,” jelas Arief.

Ia juga menjelaskan bahwa rancangan Perbup tersebut telah mengacu pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2023 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2024.

“Ada tujuh prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2024, yaitu optimalisasi pelaksanaan program Jamkesnas, pencegahan narkoba, BLT dan Padat Karya Tunai, penanggulangan TBC, percepatan penurunan stunting, dana operasional pemerintah desa, dan ketahanan pangan,” urainya.

Sementara itu, Camat Setia, Raifin, menyambut baik kegiatan sosialisasi Rancangan Perbup Abdya tentang Pengelolaan Dana Desa tahun 2024 yang dilaksanakan oleh DPMP4 setempat.

“Kegiatan seperti ini tentu sangat baik sekali, sehingga dengan adanya sosialisasi ini nantinya diharapkan Peraturan Bupati tentang Pengelolaan Dana Desa akan sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa itu sendiri,” harapnya.

Kegiatan sosialisasi Rancangan Perbup Abdya tentang Pengelolaan Dana Desa tahun 2024 tersebut, selain menghadirkan narasumber dari DPMP4 Abdya, juga dihadiri oleh Koordinator Kabupaten TPP Abdya, Teuku Jasman.[]

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *